STAR WARS 2016 is coming...


 Latar Belakang
Salah satu Kegiatan penting yang dapat membagun bangsa Indonesia adalah mendidik dan membina generasi muda yang kelak akan menjadi tumpuan serta harapan bangsa dan negara. Generasi muda memiliki peranan yang sangat strategis dalam menentukan arah proses perjalanan Bangsa ini ke depan menuju kemandirian dan kedewasaan. Salah satu usaha yang paling efektif dan efisien dalam menghadapi proses tersebut adalah menumbuhkembangkan inisiatif dan daya kreatifitas di kalangan generasi muda.
Era Globalisasi, telah menimbulkan suatu perubahan yang sangat dahsyat dalam berbagai aspek kehidupan Manusia yang menuntut kualitas Sumber Daya Manusia yang handal, sehingga penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menjadi syarat mutlak bagi setiap Bangsa agar Bangsa itu  ungggul dan memiliki kemampuan bersaing di dalam pergaulan regional maupun internasional.
STAR WARS (Show your Talent and creation with A Revolution of Spirit) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh ESA (English Student Associaton) yang merupakan agenda wajib dalam satu periode kepengurusan dan termasuk salah satu kegiatan yang digolongkan dalam kegiatan besar yang diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa di lingkungan FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dari waktu ke waktu, ESA terus bekerja untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam menciptakan ide-ide segar agar kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dapat terus berkembang, baik dari segi format maupun kualitas penyelenggaraannya. Kegiatan STAR WARS memberikan sarana bagi para pesertanya untuk mengasah kemampuan mereka melalui berbagai ajang kompetisi baik pada bidang pendidikan, olahraga dan seni. Selain itu diharapkan pula para pesertanya dapat menambah wawasan dan memperoleh pembelajaran melalui proses yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat menambah motivasi dalam berkarya. Kami berharap pada akhirnya kegiatan ini mampu berkontribusi dalam mengembangkan bakat dan kreatifitas generasi muda di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan serta menjadi tolok ukur untuk memajukan Bangsa dan Negara.

STAR WARS (Show your Talent And cReation With A Revolution of Spirit) mempunyai beberapa tujuan, antara lain:
  1. Meramaikan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya
  2. Merevolusi semangat generasi muda dalam menggembangkan bakat dan kreatifitasnya
  3. Sebagai wadah untuk para pelajar tingkat SMA/Sederajat se-Kalimantan Selatan untuk mengaktualisasikan dirinya dalam penggunaan Bahasa Inggris.
  4. Sebagai wadah penyaluran bakat, kreativitas, dan minat para pelajar tingkat SMA/Sederajat se-Kalimantan Selatan terhadap pelajaran Bahasa Inggris.
  5. Sebagai wadah penyaluran bakat, kreativitas, dan minat para Mahasiswa pelajar se-Kalimantan Selatan terhadap Olahraga.
  6. Sebagai wadah penyaluran bakat, kreativitas, dan minat para generasi muda se-Kalimantan Selatan terhadap Seni.

Waktu dan Tempat Kegiatan

1.      Pembukaan Star Wars 
Hari, tanggal     : Sabtu, 7 Mei 2016
Waktu              : 08.00-09.00
Tempat             : Ruang Ki Hajar Dewantara FKIP UNLAM
 
2.      Speech Contest
Hari, tanggal     : Sabtu, 7 Mei 2016
Waktu              : 09.00 – selesai
Tempat             : Ruang Ki Ahmad Dahlan  FKIP 1 UNLAM 

3.      Story Telling Competition  
Hari, tanggal      : Sabtu, 7 Mei 2016 
Waktu               : 09.00 – selesai  
Tempat              : Ruang Ki Hajar Dewantara FKIP 1 UNLAM
 
4.      Scrabble Competition
Hari, tanggal     : Sabtu, 7 Mei 2016
Waktu              : 08.00 – selesai
Tempat             : Ruang 15 FKIP 1UNLAM

5.      English Debate Competition
Hari, tanggal      : Sabtu, 7 Mei 2016 dan Minggu, 8 Mei 2016  
Waktu               : 08.00 - selesai
Tempat             : Ruang Perkuliahan FKIP 1 Unlam

6.  Theater
Hari, tanggal       : Minggu, 15 Mei 2016 
Waktu                : 20.00 - selesai
Tempat               : Aula Hasan Bondan FKIP 1 Unlam

Komentar