AWWE - Scrabble Competition

Hai hai hai fellas!

Ada kabar gembira nih. Pada bulan Juli ini, ESA punya rangkaian acara yang tergabung dalam INVOSA. Satu di antaranya adalah AWWE. Apa itu AWWE? AWWE adalah singkatan dari A Week With English. Jadi, di dalam AWWE ada lomba-lomba, satu di antaranya adalah Scrabble Competition 🎉.

Pernah nggak main Scrabble? Buat yang sudah pernah pasti tau betapa serunya permainan itu. Yaiyalah, secara nih, bermain Scrabble bisa menambah perbendaharaan kosa kata Bahasa Inggris kita. So, yang nggak tahu jadi tahu, yang udah tahu jadi semakin banyak tahu. Seru banget deh pastinya! 
Yuk mari ikutan lombanya, sudah pasti seru dan menyenangkan! Seluruh peserta yang hadir akan mendapatkan konsumsi dan sertifikat, dan khusus untuk para juara akan mendapatkan uang tunai serta tropi.

Lomba Scrabble Competition akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Senin, 22 Juli 2019
Waktu: 08.00-selesai
Tempat: R. 38 FKIP 1 Universitas Lambung Mangkurat

Pendaftaran dibuka pada tanggal 15 juni 2019 s/d 22 Juli 2019

Tempat pendaftaran : Perpustakan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP 1 ULM


Ayooo! Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kalian sekarang juga! Jangan sampai terlambat ya..

Biaya dan Ketentuan Pendaftaran

Setiap peserta pendaftaran Scrabble Competition wajib menyerahkan kepada panitia :
~Fotokopi kartu pelajar/ kartu mahasiswa sebanyak 1 lembar
~Surat delegasi dari sekolah yang bersangkutan (khusus siswa SMA)
~Uang pendaftaran Rp.80.000,00/orang
~Fotokopi bukti transfer bank (jika uang pendaftaran dibayarkan via transfer bank
~Bagi yang ingin mendaftar harus membayar uang muka sebesar 50% dari uang pendaftaran sebelum namanya dimasukkan ke dalam daftar calon peserta.
~Pembayaran dilunasi paling lambat satu hari sebelum Technical Meeting dan bagi peserta yang belum melunasi pembayaran hingga waktu yang ditentukan maka tidak akan diikutsertakan.
~Uang muka yang sudah dibayar tidak bisa dikembalikan
~Peserta untuk siswa/siswi SMA/sederajat se-Kalimantan Selatan.
~Masing-masing sekolah hanya diperkenankan mengirimkan maksimal 2 orang delegasi beserta 1 guru pendamping.
~Peserta dibatasi sampai 20 orang siswa/siswi SMA dan sederajat dan 10 orang ~Mahasiswa se-Kalimantan Selatan, apabila sudah memenuhi kuota maka pendaftaran akan ditutup

Ketentuan Lomba Scrabble Competition

1. Hadir pada Technical Meeting dan melakukan pengambilan nomor urut peserta. Jika peserta atau perwakilan tidak hadir pada saat Technical Meeting maka nomor urut akan ditentukan oleh panitia.
2. Hadir 15 menit sebelum acara dimulai.
3. Menunjukkan fotokopi bukti transfer bank (jika uang pendaftaran dibayarkan via transfer bank) saat registrasi atau pendaftaran ulang.
4. Peserta yang telah melakukan registrasi ulang dan mendapat nomor urut harus siap berada di tempat yang telah ditentukan. 
5. Apabila terlambat, peserta harus memberitahukan panitia terlebih dahulu, minimal satu jam sebelum perlombaan dimulai.
6. Peserta yang datang terlambat diberikan toleransi 10 menit, dan waktu permainannya akan dikurangi sesuai dengan jumlah keterlambatannya. Jika masih belum hadir dalam waktu yang ditentukan maka peserta dinyatakan kalah.
7. Dilarang berdiskusi dan membuka kamus.
8. Papan scrabble disediakan oleh panitia.
9. Peraturan ditentukan oleh panitia dan tidak dapat diganggu gugat, dan disetujui oleh peserta pada saat Technical Meeting.
Pendamping dilarang memasuki area pertandingan.
10. Peserta diwajibkan memakai pakaian seragam sekolah.
11. Kamus yang menjadi acuan adalah Merriam-Webster Official Scrabble Dictionary dan Kamus Scrabble Elektronik. (electronic scrabble dictionary).

PERATURANUMUM 
Permulaan Pertandingan
1. Sebelum pertandingan dimulai panitia menghitung balok-balok huruf yang ada, sesuai dengan yang tercantum dalam papan scrable (100) buah.
2. Balok-balok huruf tersebut diletakkan di dalam kantong plastik dan diaduk
3. Seorang pemain mewakili masing-masing tim mengambil sebuah balok huruf secara acak. Pemain yang mendapatkan balok huruf paling mendekati abjad “A” berhak menentukan tempat duduk dan arah papan serta berhak untuk melangkah terlebih dahulu (kesempatan ini dapat diberikan kepada pasangannya). Bila kedua pihak mendapatkan balok huruf yang sama undian diulang kembali.Jika seorang pemain mendapat balok kosong, maka dia memenangkan undian.
4. Setelah undian, balok huruf yang diambil pada saat undian diletakkan kembali ke dalam wadah dan diaduk/diacak.
5. Masing-masing pemain mengambil sebanyak tujuh huruf dari dalam kantung, dan menempatkannya pada rak masing-masing. Pertandingan dimulai dari pemain pertama lalu bergilir melangkah sebagaimana dalam sebuah pertandingan.

Berlangsung Pertandingan 
1. Pemain mengkombinasikan dua atau lebih balok huruf yang dimilikinya untuk membentuk satu kata. Penempatan kata pertama harus melewati kotak bintang tengah papan. Pembentukan kata dilakukan secara vertical maupun horizontal.
2. Setiap pemain diberi waktu maksimal 1 menit untuk melangkah pada gilirannya.
3. Wasit akan memperingatkan 0,5 menit (30 detik) dan 10 detik menjelang berakhirnya waktu yang tersedia.
4. Jika seorang pemain mengalami kesulitan melangkah pada gilirannya, ia dapat mengatakn ‘PASS’ dan diperbolehkan menukar/mengganti sebagian atau seluruh balok huruf yang dimilikinya. Pemain menetapkan jumlah penukaran, mengambil huruf di dalam wadah sesuai jumlah huruf yang akan ditukar ke dalam wadah. Penggantian seperti ini tidak diperkenankan apabila balok huruf yang tersedia wadah kurang dari sebelas (10,9,8….). Jika seorang pemain menggunakan kesempatannya untuk menukar balok, maka dia tidak berhak membuat kata.
5. Jika waktu sudah habis, pemain tidak dapat menukar balok-balok hurufnya.
Balok huruf yang telah diletakkan di atas papan dan telah dinyatakan selesai, tidak dapat diangkat atau diperbaiki lagi.
6. Jika seorang pemain menyusun suatu kata berdasarkan pemberitahuan orang lain atau sumber lain, maka wasit berhak membatalkan kata tersebut dan memberi kesempatan pada pemain tersebut untuk menyusun kata lain bila waktu gilirannya belum habis.
7. Suatu kata dengan arti yang sama tidak boleh muncul lebih dari satu kali, termasuk kata dasar yang sama tetapi memiliki komposisi huruf yang berbeda (adz-adze), (ax-axe), dll, maupun dalam bentuknya yang lain (simple past atau past participle), penggunaan subject berbeda (be, have, dll)
8. Apabila suatu kata yang terbentuk diatas papan tidak mendapat protes sampai pemain berikutnya dipersilakan melangkah oleh wasit, maka kata tersebut dianggap benar.
9. Pemain boleh menukarkan 1 (satu) sampai 3 (tiga) balok hurufnya tanpa “PASS” bila ia mempunyai 3 (tiga) balok huruf yang sama dan balok huruf yang tersedia di dalam kotak lebih dari sepuluh (11,12,13,…) dengan terlebih dahulu menunjukan pada wasit. Pemain menetapkan jumlah penukaran, mengambil huruf di dalam wadah sesuai jumlah huruf yang akan ditukar dan meletakkan kembali huruf yang telah ditukar ke dalam wadah.
10. Bila suatu kata diprotes oleh pemain lawan, maka PENJAGA KAMUS / WASIT akan memberhentikan permainan untuk sementara dan memeriksa kata tersebut di dalam “THE OFFICIAL SCRABBLE DICTIONARY ”.
11. Jika kata tersebut terdapat di dalam kamus ataupun tidak menyalahi peraturan yang ada, maka pemain yang diprotes akan mendapatkan nilai tambah satu kali lipat (dari total nilai kata yang terbentuk pada saat itu dikalikan dua) dan jika kata yang diprotes tidak ada di dalam kamus atau menyalahi peraturan, maka balok huruf tersebut dikembalikan kepada si pemain dan pemain tersebut kehilangan giliran melangkah serta tidak diperbolehkan untuk menukar balok-balok huruf yang dimilikinya. Total nilai dan kata yang dihasilkan diberikan kepada si pemrotes tanpa penambahan.
12. Pertandingan diberhentikan sementara, jika :
•Ada protes yang memerlukan keputusan panitia.
•Karena suatu hal, papan scrabble dan balok huruf yang sudah tersusun mengalami kecelakaan sehingga menjadi berantakan. Pertandingan dilanjutkan setelah balok-balok huruf tersusun kembali.
•Jika pertandingan diberhentikan sementara, maka wasit yang akan menentukan apakah akan diberi perpanjangan waktu atau tidak. Lamanya perpanjangan waktu ditentukan oleh wasit.
13. Pertandingan berakhir jika :
•Waktu maksimal pertandingan habis (1 jam).
•Tidak ada kemungkinan melangkah lagi, ketika semua pemain tidak dapat melangkah.
•Balok huruf yang dimiliki seorang pemain telah habis dipergunakan sehingga tidak tersisa lagi dalam papan hurufnya.
•Jika semua pemain mengatakan “pass” dua kali berturut-turut.
•Suatu tim dinyatakan menang jika total skor pemain lebih besar dari lawan atau tim lawan mengalami diskualifikasi atau WO (walk out).
•Bila pada akhir pertandingan peserta memiliki skor yang sama, maka pemenangnya adalah tim yang terbanyak memasang balok-balokhuruf , dan jika masih sama, maka kedua tim bertanding ulang (rematch). Jika dalam tanding ulang (rematch) total skor tetap sama, maka pemenangnya akan ditentukan dengan mata uang (flip the coin).
•Seusai pertandingan, wakil dari masing-masing tim menandatangani kertas skor. Bila kertas skor telah ditandatangani, maka hasil pertandingan tidak dapat diganggu gugat.
•Selama pertandingan berlangsung, pemain tidak diperkenankan saling berkomunikasi dengan bahasa isyarat apapun, meninggalkan lokasi pertandingan, membuka kamus, buku dan mengakses peralatan elektronik atau sejenisnya tanpa persetujuan wasit.
•Keputusan wasit adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Penilaian
1. Nilai kata yang melewati kotak bintang (khusus untuk pemain pertama) dikalikan dua.
2. Pemberian nilai didasarkan pada jumlah angka yang tercantum pada setiap balok huruf dengan hasil kombinasi kotak premi yang digunakan. Balok huruf kososng bernilai nol.
3. Balok huruf yang diletakkan diatas kotak premi huruf berwarna biru muda, maka nilai huruf dikalikan dua dan apabila diatas kotak premi huruf berwarna biru tua, maka nilai huruf dikalikan tiga.
4. Suatu kata yang dibentuk melalui kotak premi kata berwarna merah muda, maka jumlah nilai kata tersebut dikalikan dua dan bila melalui kotak premi kata berwarna merah tua, maka jumlah nilai kata tersebut dikalikan tiga,
5. Bila pembentukan suatu kata melewati kotak premi huruf dua kotak premi sekaligus, maka nilai balok huruf pada kotak premi huruf dikalikan terlebih dahulu sesuai warnanya, kemudian dijumlahkan dengan nilai balok huruf lainnya, akhirnya hasil penjumlahan dikalikan sesuai warna premi katanya.
6. Semua kotak premi hanya berlaku satu kali untuk balok huruf yang pertama diletakkan. Penghitungan untuk langkah berikutnya yang menggunakan kotak-kotak tersebut hanya didasarkan pada angka yang tercantum pada balok hurufnya.
7. Jika dua kata atau lebih terbentuk pada saat yang bersamaan, setiap angka yang dihasilkan akan dijumlahkan berdasarkan kata-kata yang terbentuk.
8. Bila seorang pemain dapat membentuk kata dengan menggunakan 7 (tujuh) balok huruf sekaligus, maka selain jumlah nilai kata, pemain tersebut juga mendapat bonus nilai sebesar 50 poin (additional fifty).
9. Jika kata yang terbentuk sebagaimana dimaksud pada poin 8 diatas mendapatkan protes dari lawan dan terbukti salah, maka balok huruf tersebut dikembalikan kepada si pemain + pemain tersebut kehilangan giliran untuk melangkah serta tidak diperbolehkan untuk menukar balok huruf yang dimilikinya.  Namun jika ternyata kata tersebut benar, maka nilai kata dikalikan dua, baru ditambah 50.
10. Pada akhir pertandingan, jumlah nilai yang diperoleh setiap pemain akan dikurangi dengan nilai balok huruf yang belum terpasang pada masing-masing pemain.
11. Pada akhir pertandingan, nilai yang diperoleh masing-masing pemain akandijumlahkan untuk menentukan pemenang.

PERATURAN KHUSUS 
1. Pembentukan kata tidak diperkenankan dengan
2. Penambahan previx (awalan: a-, hyper-, inter-, etc) suffix (akhiran: able, -ful,-ion, etc).
3. Penambahan –ing form, -ed, -d, -es, -s, -ly, -er/r kecuali bila disertai balok huruf lain yang membentuk kata baru atau arti baru.
4. Penambahan satu huruf saja, kecuali sisa balok huruf yang belum diambil oleh semua pemain di dalam kotak kurang dari sebelas (10, 9, 8, …, 0).
5. Dalam pembentukan kata baru (dilakukan sekaligus, bukan menambahkan), maka butir a dan b tidak berlaku.
6. Apabila suatu kata muncul lebih dari satu kali (walaupun punya arti lain), kata tersebut tidak diperkenankan kecuali kata baru yang terbentuk ditambah akhiran -s. Contoh : can = dapat / cans = banyak kaleng.
7. Apabila satu kata punya fungsi atau penggunaan berbeda, misal ada yang slank atau informal atau colloquial namun dibagian lain punya pengertian lain/berbeda dan tidak slank atau informal atau colloquial, maka kata tersebut dianggap sah. Ketentuan ini berlaku juga terhadap setiap kata yang bermakna “countable” dan “uncountable” (C,U), maka kata tersebut dapat dijamakan dengan mengikuti aturan penjamakan dalam bahasa inggris.
8. Kata yang tidak diperkenankan :
•Tangga nada (mi, fa, sol, si dsb). Untuk do, re, dan la, masih diperbolehkan karena sulit untuk mendeteksi apakah itu tangga nada atau ‘kata kerja’ dan ‘preposisi’.
Kata seru (interjection): AH! HI! ADIEU!, dsb.
•Kata-kata yang dimulai dengan huruf besar (nama negara, nama orang, atau proper, noun family), untuk kata ‘god’ masih diperkenankan karena bisa berarti ‘dewa’ (tidak diawali dengan huruf besar).
Kata-kata yang informal, slang, colloquial (kecuali bila salah satu artinya ada yang formal sesuai dengan rujukan kamus dan persetujuan wasit).
•Kata – kata singkatan (abbreviation) dan hyper (-) serta kata berapostrophe (‘) seperti: anglo_saxon, don’t, etc.
•Kata-kata yang punya bentuk dasar sama dan muncul berulang. Seperti (be, am, is, are, go, went, gone, going, happy, happily, have, had, having, has). Jika salah satu kata tersebut sudah muncul, maka bentuk lainnya tidak diperkenankan kecuali pemain langsung membentuk kata tersebut sekaligus, misalnya (GONE, bukan GO lalu ditambahkan NE).
9. WASIT/PENJAGA KAMUS tidak diperkenankan membuka kamus kecuali diminta/diperlukan.
10. Setiap perselisihan yang terjadi dalam pertandingan dan tidak dapat diselesaikan oleh wasit pertandingan, akan diselesaikan oleh panitia dan keputusan yang ditetapkan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Komentar